Monday, August 18, 2014

10 Makanan Untuk Kesehatan Rambut

Rambut juga merupakan bagian tubuh yang sangat penting untuk kita jaga kesehatannya. Banyak orang yang cenderung mengabaikan untuk masalah yang satu ini, sehingga tidak jarang mereka baru panik ketika ada permasalahan pada rambut mereka mulai dari ketombe, rontok, gatal-gatal, hingga kebotakan. Untuk menjaga kesehatan rambut sebenarnya tidak sulit, karena dengan menerapkan pola makan yang tepat saja, rambut anda akan terjaga kesehatannya.

"Sama seperti setiap bagian lain dari tubuh Anda, sel-sel dan proses yang mendukung rambut yang kuat dan hidup bergantung pada pola makan yang seimbang," kata ahli gizi asal New York Lisa Drayer, MA, RD, penulis The Beauty Diet.

Hal ini memeang membutuhkan waktu lebih lama untuk melihat perubahan (ke arah yang lebih baik atau buruk) rambut anda dibandingkan kulit. Untuk kulit, mungkin bisa dilihat dalam beberapa hari, contoh apabila anda menerapkan pola makan yang buruk dalam kurun hanya satu minggu, maka ada kemungkinan munculnya jerawat, demikian penjelasan dokter kulit dari New York, Cybele Fishman MD. "Namun dengan rambut, efeknya baru kelihatan setelah beberapa bulan akibat misalnya kekurangn gizi tertentu atau efek dari diet ketat."

Nutrisi yang anda makan hari ini membantu menguatkan folikel rambut setiap helainya dan kulit kepala yang mengelilinginya. Folikel yang sehat berarti rambut yang lebih sehat. Kulit kepala sehat juga berarti rambut yang lebih sehat.

Tentu saja masih ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan rambut anda selain makanan yang anda makan. Merokok, ketidakseimbangan hormon, dan tidak cukup tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut anda. Tidak ada nutrisi ajaib yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Makanan-Makanan Untuk Kesehatan Rambut


Namun memang untuk menjaga kesehatan rambut anda, makan yang seimbang, bervariasi, dan kaya protein adalah salah satu kunci utamanya. Berikut ada 10 makanan yang dapat menjaga kesehatan rambut anda, diantaranya adalah :

1 Salmon 
Selain kaya akan protein dan vitamin D (keduanya adalah kunci untuk rambut yang kuat), omega-3 asam lemak yang ditemukan dalam ikan air dingin lezat ini adalah salah satu nutrisi penting bagi kesehatan rambut.  Tubuh Anda tidak dapat membuat asam lemak, yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menumbuhkan rambut. Sekitar 3% batang rambut tersusun atas asam lemak ini. Omega-3 juga ditemukan dalam membran sel di kulit kepala anda, dan dalam minyak alami yang menjaga kulit kepala dan rambut terhidrasi.

Alternatif lain : Jika anda tidak menyukai salmon, anda juga bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari ikan seperti herring, sarden, trout, dan makarel, serta alpukat biji labu, dan walnut (kenari).

2. Walnut (kenari)
Ini adalah satu-satunya jenis kacang yang memiliki sejumlah besar asam lemak omega-3. Kacang ini juga kaya biotin dan vitamin E yang membantu melindungi sel-sel anda dari kerusakan DNA. Karena rambut Anda jarang mendapat banyak melindungi dari matahari, maka hal ini bagus.  Kekurangan biotin juga bisa menyebabkan rambut rontok. Kenari juga mengandung tembaga, yakni mineral yang bisa membantu menjaga warna rambut anda tetap alami dan berkilau.

Alternatif lain: Coba gunakan minyak walnut dalam salad dressing atau coba tumis safflower atau kanola.

3. Tiram
Tiram kaya akan seng, di mana kekurangan mineral ini dapat menyebabkan rambut rontok (bahkan termasuk bulu mata anda), serta kering, dan kulit kepala terkelupas. Tiga ons tiram akan memenuhi kebutuhan harian anda akan seng sebesar 493 persen. Anda bisa mendapatkan beberapa seng melalui sereal dan roti gandum, tapi tiram juga mengandung protein yang baik juga. Sebagai informasi, rambut terdiri dari sekitar 97 persen protein. Tanpa protein yang cukup, tubuh anda tidak dapat menggantikan rambut yang secara alamiah rontok, kering, rapuh, atau lemah.

Alternatif lain : Anda bisa memenuhi kebutuhan seng dengan mengonsumsi kacang, daging sapi, dan telur.

4. Ubi jalar
Ubi jalar merupakan sumber antioksidan beta-karoten yang oleh tubuh akan diubah menjadi vitamin A. Pada dasarnya, setiap sel tubuh tidak dapat berfungsi tanpa tercukupinya vitamin A. Vitamin ini juga membantu melindungi dan menghasilkan minyak yang dapat menjaga kesehatan kulit kepala anda. Sebaliknya, kekurangan vitamin A dapat membuat gatal di sekitar kepala anda akibat ketombe yang menjengkelkan.

Alternatif lain : Wortel, melon, mangga, labu, dan aprikot merupakan sumber yang baik dari beta-karoten.

5. Telur
Telur merupakan sumber protein yang sarat akan empat mineral penting seperti seng, selenium, sulfur, dan besi. Besi sangat penting bagi tubuh karena membantu sel-sel membawa oksigen ke folikel rambut. Kekurangan zat besi merupakan penyebab utama rambut rontok terutama pada wanita.

Alternatif lain : Anda juga dapat meningkatkan asupan zat besi anda dengan sumber hewan termasuk ayam, ikang, dan daging sapi.

6 Bayam 
Besi, beta karoten, folat, dan vitamin C dalam bayam membantu menjaga folikel rambut tetap sehat dan membuat minyak kulit tetap bersirkulasi

Alternatif lain: Coba sayuran berdaun gelap kaya nutrisi seperti brokoli, kale, dan lobak Swiss.

7 Lentil 
Kecil tapi perkasa, kacang-kacangan ini penuh dengan protein, besi, seng, dan biotin, sehingga cocok bagi vegetarian, vegan, dan pemakan daging.

Alternatif lain: Konsumsi kacang-kacangan lain seperti kedelai (edamame) dan kacang merah ke dalam sup atau salad.

8. Yogurt Yunani
Coba produk-produk susu yang rendah lemak seperti yoghurt Yunani yang tinggi protein, vitamin B5 (asam pantotenat, suatu bahan yang sering hadir pada label produk perawatan rambut), dan vitamin D. Sebuah penelitian mengaitkan antara vitamin D dan kesehatan folikel rambut, namun hubungannya secara persis bagaimana masih belum jelas.

Alternatif lain : Keju cottage, keju rendah lemak, dan susu skim juga merupakan alternatif lain yang bisa anda coba.

9. Blueberry
Buah-buahan yang super eksotis mungkin bisa menarik perhatian, namun ketika buah itu datang dengan menawarkan vitamin C maka lebih baik untuk dikonsumsi bagaimanapun rasanya. Vitamin C sangat penting untuk menjaga sirkulasi pada kulit kepala dan mendukung pembuluh darah kecil yang memberi makan folikel. Terlalu sediki vitamin C dalam pola makan anda dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Alternatif lain : Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, anda juga bisa mencoba stroberi, tomat, ubi jalar, dan kiwi.

10. Unggas
Hidangan sehari-hari ini sangat luar biasa ketika datang dengan membawa protein yang tinggi serta mineral-mineral penting lainnya yang ramah bagi rambut seperti seng, zat besi, dan vitamin B yang dapat menjaga setiap helai lambut agar tetap kuat dan berlimpah. Karena rambut sebagian besarnya terdiri dari protein, maka makanan yang kaya protein secara harfiah akan memberikan kekuatan bai rambut.

Alternatif lain : Potongan daging sapi yang tidak berlemak juga merupakan sumber protein yang baik.

Itulah beberapa makanan sehat yang dapat anda coba untuk menjaga rambut anda tetap sehat dan kuat. Semoga bermanfaat.

via WebMD & AK99

No comments:

Post a Comment